Tugas Pendahuluan Praktikum Dasar Multimedia [Modul 2]


1. Tuliskan perkembangan dari desain grafis!

Seiring perkembangan jaman, desain grafis tidak hanya terkait dalam proses cetak-mencetak melainkan menggunakan berbagai media yang baru, baik dengan tujuan komersil atau pun sosial. Sebagai seni terapan, desain grafis membawa warisan sifat dan nilai seni murni, yaitu orisinalitas craftmanship. Meski begitu, kita juga tidak bisa menepis faktor relevansinya sehingga sebuah desain tak hanya indah secara visual namun juga komunikatif (Hartanto, Concept Vol. 06 Edisi 36, Agustus 2010). Perkembangan desain yang berasal dan berkiblat dari negara-negara barat menjadikan desain di Indonesia belum memilki landasan yang kuat di negeri sendiri, bahkan belum didudukan secara proporsional dalam sejarah kebudayaan Indonesia. Terlepas dari itu menurut Sachari (2007: 4), adalah bagaimana 

(1) Mendudukkan pergeseran gaya visual dan nilai estetik dalam karya desain sebagai proses transformasi budaya nasional secara keseluruhan, 
(2) Menempatkan desain dalam wacana budaya visual Indonesia secara proporsional, 
(3) Mengamati peran gaya visual pada karya desain yang telah memperkaya peradaban bangsa diamati sebagai fenomena pemberdayaan masyarakat Indonesia yang bermakna.

2. Sejauh ini apa yang Anda ketahui tentang Photoshop?

Photosop adalah aplikasi editor citra buatan Adobe Systems yang digunakan untuk pengeditan dan pembuatan efek pada foto yang bertipe bitmap.

3. Fungsi dari penggunaan Photoshop adalah…

Fungsi Photoshop secara umum adalah untuk pengeditan foto atau gambar yang bertipe raster dan untuk pembuatan tulisan dengan efek tertentu. Tapi tidak hanya itu, Adobe Photoshop juga punya beberapa fungsi lain adalah:

a) Website Design
Photoshop juga digunakan oleh banyak web desainer. Keterbatasannya akan eksport file ke dalam bentuk HTML, Photoshop jarang digunakan untuk membuat kode website, namun hanya untuk membuat desainnya sebelum dimasukkan ke dalam tahapan coding. 
b) Project Layout
Proyek seperti kartu bisnis, poster, kartu pos, dan flyers dapat dilakukan menggunakan beberapa tipe peralatan Photoshop dan kemampuan edit grafis
c) Graphic Creation
Grafis tersebut dapat dibuat hanya menggunakan Photoshop ini atau bisa juga dilanjutkan menggunakan software lain untuk melakukan bentuk lain dari proyek tersebut. Ketika seorang desainer sangat menguasai dan khatam mengenai Photoshop, kreatifitas dan imajinasi akan membawanya membuat hal-hal baru.

Sumber :

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar