Tutorial Java - Class dan Object

Class dan object – Tutorial bahasa Java ini adalah tutorial yang pertama, tentunya di dalam tutorial yang pertama Saya akan membahas dasar teori yang ada pada bahasa Java. Dasar teori tersebut ada class dan object. Kedua hal ini akan selalu kita sentuh bila kita ingin belajar bahasa Java atau ingin menjadi seorang programmer Java. Mari simak ulasan berikut ini.

1. Pengertian object

Object, atau yang disebut dengan benda meruakan kesatuan entitas yang dapat direpresentasikan baik dalam wujud nyata maupun konsep dengan memiliki karakteristik dan fungsi.

2. Pengertian class

Class merupakan suatu pemodelan dari sebuah object dengan syarat selalu memiliki informasi-informasi mengenai sifat karakteristik (data) dan tingkah laku (method) yang dimiliki oleh object. Tidak seperti pemrograman terstrtuktur yang hanya memiliki data, di dalam pemrograman berorientasi object Java ini class juga dapat diisikan dengan data sekaligus fungsi.

tutorial java - class dan object
Tutorial Java - Class dan Object

Kesimpulan dari Pengertian

  1. Sekumpulan object-object yang sama disebut dengan class
  2. Suatu object tertentu merupakan instance sebuah class.
  3. Semua object yang terdapat di dalam suatu class memiliki atribut dan operasi yang sama, namun tetap memiliki nilai atribut yang berbeda.

Dari pengertian class dan object di atas, kita dapat mengambil contoh pada suatu benda, yaitu mobil. (1) Sekumpulan mobil merupakan suatu “class”; (2) Seluruh mobil memiliki “ukuran, berat dan warna”; (3) Seluruh mobil dapat “digas” dan “direm”; (4) Mobil yang berbeda mungkin memiliki ukuran, berat dan warna yang berbeda – merupakan “instances”.

Lalu, bagaimana cara mendefinisikan class di dalam bahasa Java? Terdapat 3 elemen dasar yang dapat digunakan untuk mendefinisikan class, berikut ini rinciannya.

1.1. Field/Variable

Field/Variable merupakan suatu implentasi dari sebuah atribut dan objek yang digunakan untuk menyimpan data dari objek tersebut. Terdapat dua jenis Field/Variable:

1.1.1. Instance Variable

Objek yang hanya memiliki salinannya sendiri dan selalu memiliki nilai sendiri atau masing-masing. Berikut adalah contohnya.

Class mobile{
    double tinggi;
    double lebar;
    double panjang;
    double kecepatan;
}

1.1.2. Class Variable

Nilai, object dan variable yang terdapat digunakan bersama oleh semua objek dari class tersebut. Berikut adalah contohnya.

Class mobile{
    Static double PI=3.14;
}

1.2. Constructor

Method yang memiliki fungsi untuk menginisialisasi para variable instance dari sebuah object disebut dengan constructor. Syarat dari method constructor adalah memiliki nama yang sama dengan nama class, karena pada saat proses instanisasi class inilah constructor dipanggil menjadi object. Berdasarkan hal tersebutlah, suatu class dapat memiliki lebih dari satu constructor. Berikut adalah contoh dari constructor.

Class Buku{
    public Buku(String judul, String pengarang){
        System.out.println(Constructor buku dijalankan");
        this.judul = judul;
        this.pengarang = pengarang;
    }
}

1.3. Methods

Method adalah sebuah fungsi implementasi perilaku object agar dapat mengakses atribut. Berikut adalah contohnya.

Class Buku{
    void cetakKeLaya(){
        if(judul==null && pengarang==null)
        return;
        System.out.println("Judul : " + judul);
        System.out.println("Pengarang : " + pengarang);
    }
}

Oke, sampai disini Saya kira cukup pembahasan mengenai Tutorial Java - Class dan Object yang lengkap dan mudah untuk dipahami. Tunggu kelanjutan postingannya, terutama untuk contoh-contoh program Java-nya yah, semoga Anda tetap betah disini.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

5 comments:

  1. Alhamdulillah dapet ilmu baru, jadi tau ni tentag bahasa pemrograman java walapun masih dasarnya, saya tunggu postingan berikutnya mbak, hehe...

    BalasHapus
  2. terimakasih ilmunya lumayan lah jd gak awm awam banget tentang java

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha siap mas, tunggu postingan selanjutnya mas :)

      Hapus
    2. oke siap, revisit ya ke blog saya www.gayeng.net

      Hapus