1. Langkah pertama yang dilakukan dalah membuat new project dan memasukkan obyek lingkaran ke dalam library yang kemudian dimasukkan ke dalam stage. Bukalah software Macromedia Flash 8, kemudian tekan klik tombol file >> new file.
Gambar 2.1. Halaman Depan Software Macromedia Flash 8
Gambar 2.2. Membuat New Project pada software Macromedia Flash 8
Gambar 2.3. Memilih Tipe New Project pada software Macromedia Flash 8
Gambar 2.4. Tampilan Blank Project pada software Macromedia Flash 8
2. Ketika file baru sudah terbuka, buatlah obyek dengan menggunakan oval tool yang berada pada bilah samping kiri.
Gambar 2.5. Membuat Obyek Baru dengan Oval Tool Buatlah obyek tersebut pada stage.
Gambar 2.6. Obyek Oval Di Dalam Stage
3. Setelah obyek berhasil dibuat, maka hapuslah sebagian obyek tersebut dengan menggunakan erase tool yang sebelumnya sudah dirubah pengaturannya menjadi erase normal.
Gambar 2.7. Memilih Eraser Tool pada software Macromedia Flash 8
Gambar 2.8. Hasil Penghapusan Obyek Oval pada software Macromedia Flash 8
4. Jika sudah berhasil menghapus sebagian obyek oval yang terdapat pada stage, langkah selanjutnya adalah membuat frame baru dengan menekan klik kanan pada bagian frame
selanjutnya yang masih kosong pada layer yang sedang aktif. Kemudian pilih salah satu dari insert frame, insert keyframe, atau insert blank keyframe.
Gambar 2.8. Membuat Frame dengan Obyek yang Sama Seperti Sebelumnya
5. Setelah menekan klik tombol insert keyframe, maka lakukan penghapus ulang dan pembuatan ulang frame baru sehingga mendapatkan hasil obyek oval berubah menjadi bentuk semacam gear.
Gambar 2.9. Hasil dari Mengedit dengan Eraser Tools pada software Macromedia Flash 8
6. Setelah beberapa frame telah terbuat dan obyek sudah berubah bentuk menjadi semacam gear, maka langkah selanjutnya adalah melakukan percobaan pada animasi flash yang sudah terbuat dengan cara menekan tombol CTRL + Enter secara bersamaan, maka akan muncul window baru yang menampilkan hasil dari animasi flash tersebut.
Gambar 2.10. Jendela Baru untuk Memainkan Animasi Hasil Pembuatan
7. Setelah hasil dari animasi tersebut sudah cukup dengan rasa kepuasan masing-masing individu, simpan animasi flash tersebut ke dalam direktori komputer.
0 comments:
Posting Komentar