OOP (Object Oriented Programming) merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek dan apa yang bisa dilakukan objek tersebut. OOP terdiri dari objek-objek yang berinteraksi satu sama lain untuk menyelesaikan tugas.
Alasan menggunakan OOP adalah agar source code lebih mudah untuk dikelola dan biasanya digunakan pada program berukuran berapapun.
OOP memiliki 5 karakteristik sebagai berikut:
- Abstraksi
- Enkapsulasi
- Pewarisan (inheritance)
- Reuseability
- Polymorphism
Praktikum Pertama
1. Buat project dengan nama DemoApp
2. Buat class dalam project tersebut dengan nama DemoObjectOriented
3. Dalam file class DemoObjectOriented.java tuliskan code berikut ini:
4. Dalam file class Main.java tuliskan code berikut ini:
5. Output dari program adalah sebagai berikut:
6. Program yang telah di-build di atas merupakan salah satu contoh program looping dengan menggunakan object oriented.
7. Import java.io.*; : Sintax tersebut merupakan fungsi untuk memasukkan inputan dari keyboard.
8. Class DemoObjectOriented : Nama class yang kita buat dalam program 1 ini.
9. For : adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk melakukan sebuah perulangan yang banyaknya sebuah perulangan tersebut sudah ditentukan.
10. DemoObjectOriented Demo = new DemoObjectOriented (); merupakan sebuah syntax yang digunakan untuk membuat sebuah perumpamaan dari DemoObjectOriented menjadi Demo.
0 comments:
Posting Komentar