JAVASCRIPT: OBYEK STRING, DATE, dan ARRAY

1. Menghitung karakter suatu string
Dalam menghitung karakter menggunakan tipe data String data dihitung dari huruf awal sampai akhir, termasuk spasi.

2. Menguji apakah string berisi karakter tertentu, dengan indexof()
Untuk mencari karakter “Komputer” dalam kalimat, karna disini if(pos>=0) maka huruf pertama dihitung mulai dari 0, dan karakter komputer ditemukan pada posisi ke 7.

3. Menguji apakah string berisikan karakter tertentu,
Dengan match() Script kode match digunakan untuk mencari apakah karakter yang ingin kita munculkan terdapat  value pada variable. Jika kita menuliskan karakter yang tidak terdapat value variable, maka yang akan muncul dibrowser adalah null.

5. Memunculkan bagian string tertentu
Disini ada dua untuk memunculkan bagian String tertentu, yaitu menggunakan metode (substr) dan (substring). Pada kedua metode ini parameter pertama digunakan sebagai indeks awal namun parameter kedua pada substring tidak dihitung, atau tidak di cetak.

6. Mengubah menjadi huruf besar atau kecil
Script toLowerCase() digunakan untuk mengubah huruf yang ada pada variable menjadi huruf kecil, sebaliknya pada script toUppercase() digunakan untuk mengubah huruf yang ada pada variable menjadi huruf besar.
7. Membuat array berisi nama-nama
Membuat Array di dalam variable famname dengan panjang array adalah enam menggunakan source code “var famname = new Array(6)”. Dari panjang array tersebut, setiap masing-masing alamat array diisi dengan menggunakan kode “famname[0] = “Lusi”” dan seterusnya. Array dicetak dengan menggunakan perulangan for dengan kondisi indeks yang muncul kurang dari 6.

8. Menghitung elemen yang berada dalam array
Array dibuat dengan langsung mengisikan nilainya, dan program mencetak array tersebut tidak dengan menggunakan panjang Array yang ada. Namun, dengan menghitung otomatis jumlah elemen yang berada dalam array dengan menggunakan kode i<famname.lenght

8. Tanggal hari ini
Membuat variable baru dengan value new Date(). Program mencetak tanggal hari ini diambil dari memori laptop d.getDate(). Pada hari ini dan getDate() untuk tanggal hari ini.Pada bulan ditambahkan + 1 karena bulan adalah String dan dihitung dimulai dari 0.
 
9. Jam Hari Ini
Sama seperti menampilkan tanggal hari ini pada contoh nomor 9. Penamaan kode disesuaikan dengan apa yang ingin kita tampilkan. Contoh ingin menampilkan jam, maka kodenya adalah d.getHours().

10. Mengeset Tanggal
d.setFullYear(“1997”) untuk mengatur tahun dari 2016 menjadi 1997 pada memori laptop dan cetak berdasarkan nama variabelnya.

11. Melihat waktu UTC
Untuk melihat waktu di negara tertentu cara melakukannya sama dengan contoh menampilkan tanggal hari ini, perbedaannya hanya pada pemanggilan fungsinya, yaitu ditambahkan kode UTC sehingga menjadi d.getUTCHours.
12. Memunculkan nama-nama hari
Tulis semua nama-nama hari dengan menggunakan fungsi Array dan buatlah variable Date() dan weekday kemudian panggil dengan menggunakan kode weekday[d.getDay()]
13. Memunculkan tanggal lengkap
Tambahkan array hari beserta bulan lalu panggil dengan menggunakan kode yang seperti pada contoh-contoh sebelumnya.
14. Membuat jam
Buatlah variable timer dengan valuenya adalah null.
Buatlah fungsi stop() untuk menghentikan waktu dan buatlah fungsi start() agar dapat digunakan untuk mengatur waktu dan menjalankan waktu/timernya.
Pada body diberi property onload=”start()” digunakan agar saat browser dibuka untkukode tersebut, maka waktu akan otomatis berjalan dan akan otomatis berhenti ketika kita menggunakan property onunload=”stop()”.



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 comments: